Thursday 3 March 2016

Mudahnya Menemukan Ide Bisnis Baru

Mudahnya Menemukan Ide Bisnis Baru


Catatan Seorang WNI || Mudahnya Menemukan Ide Bisnis Baru

Menjadi seorang pengusaha sukses adalah impian bagi sebagian besar orang di dunia. Tapi memang tidak mudah untuk menentukan usaha apa yang harus ditekuni. Sebagian orang berpikir, apabila memulai suatu usaha, usahanya tidak akan berkembang karena tidak disukai pelanggan. Sebagian lagi kebingungan untuk mendapatkan modal uang untuk memulai usahanya. Tapi tenang saja, disini saya mencoba untuk berbagi tentang menemukan ide bisnis yang cocok untuk ditekuni.

Beberapa peluang usaha atau ide bisnis itu antara lain adalah:

1. Hobi Atau Minat

Hobi Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Berbicara tentang ide dan peluang usaha, tidak lengkap rasanya bila tidak memasukkan hobi atau minat kita di daftar paling atas. Ya, sudah banyak pelaku usaha yang membuktikan bahwa hobi atau minat dari si pelaku usaha tersebut lah yang akan membuatnya sukses di kemudian hari. Ini tidak lain dan tidak bukan karena sesuatu yang dikerjakan berdasarkan hobi atau minat akan mendatangkan rasa kepuasan tersendiri ketika kita melakukannya.

2. Pengalaman

Pengalaman Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Siapa yang tidak kenal dengan pepatah; belajarlah dari pengalaman? Ya, pengalaman adalah segalanya. Dimulai dari pengalaman saat bekerja sebagai pencuci piring hingga pengalaman sebagai karyawan di perusahaan besar, tentu semuanya itu memberikan banyak pengalaman yang bisa kita ambil salah satu pengalaman tersebut untuk menjadi sebuat ide usaha baru yang harus kita tekuni.

3. Keahlian

Skills Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Ada orang yang ahli di bidang teknologi, ada sebagian orang yang ahli di bidang ilmu kedokteran, sebagian orang lagi ahli dalam bidang memasak. Semua orang mempunyai keahlian yang berbeda dari satu orang ke orang yang lainnya. Lalu mengapa faktor keahlian tersebut tidak dijadikan sebagai ide bisnis? Dengan keahlian dalam suatu bidang, tentu kita tidak pelu lama lagi untuk mempelajari dan menjadi expert dalam bidang yang kita kuasai untuk dijadikan ide peluang usaha.

4. Survei atau Jajak Pendapat

Survei Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Dalam memulai binis, melakukan survey atau jajak pendapat adalah hal yang patut dicoba guna mengetahui apa saja keinginan dan kebutuhan dari masyarakat sekitar yang menjadi calon konsumen dari produk atau jasa yang kita hasilkan.

5. Keprihatinan

Rasa Prihatin Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Banyak cara untuk memulai usaha, salah satunya adalah melihat perubahan lingkungan yang terjadi. Henry Nestle, seorang ahli kimia Jerman yang berdomisili di Vevey Swiss, merasa prihatin dengan tingginya angka moralitas bayi di sekitar tahun 1866. Pada tahun tersebut beberapa apoteker dilatih untuk mulai mengadakan percobaan dengan berbagai kombinasi susu , tepung terigu dan gula, untuk mengembangkan sumber alternative gizi bayi untuk para ibu yang tidak mampu menyusui. Dari situlah peluang usaha tercipta, yaitu dari keprihhatinan. Nestle akhirnya menciptakan “Farine Lactee”, sebagai makanan pendamping bayi yang tidak cukup meminum ASI. Dari makanan tersebut, banyak bayi yang terselamatkan jiwanya pada saat itu, yang menjadikan Nestle mendapat kepercayaan masyarakat.

6. Kreativitas

Kreativitas Dalam Menemukan Ide Bisnis Baru


Salah satu sumber untuk memperoleh peluang usaha adalah kreativitas. Kreativitas merupakan kemampuan untuk merancang, membentuk, membuat atau melakukan sesuatu dengan cara yang baru atau dengan cara yang berbeda. Agar memiliki daya kreativitas, Anda perlu membuka mata dan pikiran, serta jeli melihat adanya peluang usaha. Suatu peluang usaha betapapun bagusnya, pada akhirnya hanyalah sebuah sarana, sehingga harus dikembangkan dan diubah menjadi peluang usaha/bisnis yang menguntungkan.



Referensi:
Suyanto M. 2004. Smart In Entrepreneur. Andi Publisher. Yogyakarta.

0 komentar:

Post a Comment

 

Agung Ramadhany Template by Ipietoon Cute Blog Design